Loading icon
Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual

Share:

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Namun data di atas masih merupakan fenomena gunung es, dengan banyak kasus tak terungkap. Di satu sisi, hal ini juga membuat korban merasa tersudutkan dan tertekan, bahkan hingga depresi.

Insan Edukasi, kita tidak pernah tahu kapan dan bagaimana pelaku pelecehan seksual akan menyerang korbannya. This might be hard, tapi dengan kita berani speak up maka itu sudah jadi langkah terbaik untuk memberi efek jera pada pelaku agar tidak terjadi pelecehan seksual yang sama. Dengan begitu, akan jadi lebih tahu langkah selanjutnya untuk memulihkan kondisi pasca musibah yang terjadi.

Yuk, mulai sekarang berani melawan dan mengungkap, supaya pelaku tidak merasa aman untuk terus melakukan tindakan tersebut.

5 Tips Terhindar dari Pelecehan Seksual, Jangan Ragu Kuasai Bela Diri : Okezone Nasional

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. 5 Tips Terhindar dari Pelecehan Seksual, Jangan Ragu Kuasai Bela Diri : Okezone Nasional

Menurut data yang dihimpun WHO pada 2021, satu dari tiga orang perempuan di seluruh dunia pernah mengalami pelecehan seksual. Meskipun kebanyakan pihak yang menjadi korban dari tindak pelecehan sosial adalah perempuan, bukan tidak mungkin laki-laki juga mengalami kejadian serupa. Melansir dari berbagai sumber, Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi mengatakan bahwa pelaku pelecehan seksual cenderung mengincar korban yang terlihat lemah dan tidak percaya diri.

Karenanya, sebisa mungkin usahakan untuk selalu menunjukkan sikap percaya diri guna meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Hal ini dilakukan agar korban dapat melumpuhkan pelaku yang ingin melakukan tindakan pelecehan seksual. Melansir nobu.com dan humanrights.gov.au, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seorang pekerja dalam mencegah pelecehan seksual di lingkungan kerja. Hal ini akan sangat membantu agar pelaku pelecehan seksual dapat diadili sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Berikut Cara Ampuh Menghindari Pelecehan Seksual

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Berikut Cara Ampuh Menghindari Pelecehan Seksual

Terkait hal tersebut, situs berita haloyouth.pikiran-rakyat.com melansir beberapa cara menghindari perbuatan tak senonoh itu, di antaranya:. Menggunakan pakaian yang sopan dapat meminimalisir terjadinya pelecehan-seksual">pelecehan seksual. Selain tidak mengundang nafsu calon pelakunya, berpakaian sopan adalah suatu keharusan. Pihak orangtua perlu mengedukasi terus anaknya agar lebih sadar tahu akan sebab dan akibat dari pelecehan-seksual">pelecehan seksual.

Aktif dalam berbagai kegiatan positif, selain untuk mengisi waktu, juga bisa mencegah perbuatan yang tidak diinginkan. Dengan fondasi agama yang kuat, karakter manusia dapat lebih terarah.

Baca Juga: Tempati Peringkat Teratas, Thailand dan Singapura Pastikan Laju ke Semi Final Piala AFF 2020.

Mengenal Jenis Kekerasan Seksual dan Bedanya dari Pelecehan Seksual

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Mengenal Jenis Kekerasan Seksual dan Bedanya dari Pelecehan Seksual

Setiap tahunnya, jumlah perempuan, anak-anak, dan laki-laki yang mengalami kekerasan seksual belum juga berkurang secara drastis. Padahal, hal ini bisa membuat para penyintas mengalami dampak buruk pada kesehatan fisik maupun mentalnya. Artinya, perilaku berbahaya ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan kepada siapapun termasuk istri atau suami, pacar, orangtua, saudara kandung, teman, kerabat dekat, hingga orang yang tak dikenal. Karena trauma dan emosi negatif yang dialami para penyintas, berbagai gangguan mental di bawah ini bisa terjadi:.

Perempuan yang pernah mengalami kekerasan seksual bisa punya kecenderungan memiliki suicidal thoughts atau keinginan untuk bunuh diri. Apabila ada kerabat, teman atau saudara yang bercerita kepada Anda bahwa dirinya sudah menjadi korban kekerasan seksual, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini. Mengurangi angka kejadian kekerasan seksual memang bukan perkara mudah, karena ini adalah permasalahan sistemik yang melibatkan banyak pihak. Namun, dengan semakin gencarnya edukasi untuk mengubah stigma seputar korban dan tindakan yang termasuk sebagai kekerasan seksual, diharapkan kesadaran mengenai permasalahn ini akan terus meningkat.

6 Tips agar Kamu Terhindar dari Tindakan Pelecehan Seksual

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. 6 Tips agar Kamu Terhindar dari Tindakan Pelecehan Seksual

Bagi kaum wanita hendaknya mulai belajar bela diri atau. agar kita dapat terhindar dari tindakan pelecehan dan kita dapat membela diri.

Kita juga harus mempersenjatai diri kita dengan semprotan cabai atau senter laser strum. stun gun. sehingga kita dapat melumpuhkan pelaku yang ingin melakukan tindakan pelecehan seksual.

Untuk Perempuan, 7 Cara Menghindari Pelecehan Seksual

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Untuk Perempuan, 7 Cara Menghindari Pelecehan Seksual

Catcalling sendiri merupakan panggilan yang memiliki tendensi kearah pelecehan seksual, perlakuan ini sering kali terjadi dalam perjalanan hingga membuat munculnya rasa ketidaknyamanan. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan botol semprotan bekas untuk dimasukan cairan pedas atau lada yang siap disemprotkan kapan saja ketika terindikasi pelecehan seksual. Misalnya, saat menaiki lift, berdirilah di dekat salah satu dari tiga dinding jika memungkinkan atau jika Anda sedang menunggu bus atau trem, tetaplah berada di dalam halte dengan membelakangi dinding. Walaupun memang tidak mudah, tetapi setidaknya bicarakan dengan orang sangat Anda percaya.

Selain itu, tindakan ini juga sebagai upaya meminimalisir korban yang akan muncul selanjutnya,.

Cara Menghindari Pelecehan Seksual Di Tempat Kerja

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Cara Menghindari Pelecehan Seksual Di Tempat Kerja

Untuk menghindari hal ini, satu perlu diingat, kamu bertanggungjawab pada diri sendiri. Wanita yang terlihat lemah, kurang percaya diri, dan mudah menangis sering jadi sasaran.

Jika insting kamu mengatakan bakal terjadi sesuatu, lakukan penolakan dan perlawanan. Tegaskan sikap agar semua orang tahu bahwa kamu tak bisa diperlakukan semena-mena. Namun jika tak punya, selalu sediakan alat-alat yang dirasa bisa menolong dalam situasi genting, seperti semprotan lada atau sejenisnya. Jika masih di lingkungan kerja, sampaikan ketidaknyamanan tersebut langsung pada atasan atau siapa pun yang memiliki jabatan tinggi.

Bagaimana cara kita menghindari pelecehan seksual ?

Bagaimana Cara Menghindari Pelecehan Seksual. Bagaimana cara kita menghindari pelecehan seksual ?

Cara menghindarinya salah satunya adalah jangan menyulut terjadinya pelecehan seksual, misalnya dengan berpakaian yang rapi dan sopan, tidak menggoda orang. Jangan berpakaian seolah-olah kainnya kekurangan bahan, bolong sana bolong sini, termasuk tanktop. Pakai jilbab juga yang bener, jangan jilbab-jilbaban.