Loading icon
Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid

Share:

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Jawabannya adalah boleh-boleh saja, asalkan Anda dan pasangan sudah memahami berbagai risiko berhubungan seks saat haid. Dokter spesialis kulit dan kelamin, Edwin Tanihaha pada dasarnya tak menganjurkan hubungan seks yang dilakukan saat haid.

Edwin mengatakan, perempuan yang sedang dalam kondisi menstruasi, tapi melakukan hubungan seks, bisa meningkatkan risiko endometriosis. Hal senada juga diungkapkan oleh dokter spesialis kandungan, Ni Komang Yeni Dhana Sari yang tidak menganjurkan hubungan seks saat di perempuan sedang dalam kondisi menstruasi.

Hubungan seks saat menstruasi bisa terasa tidak nyaman, khususnya bagi perempuan, yang juga mengalami sakit perut akibat haid.

Manfaat, Risiko, dan Tips Berhubungan Seks Saat Haid

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Manfaat, Risiko, dan Tips Berhubungan Seks Saat Haid

Anda akan berpeluang sangat tinggi untuk hamil jika berhubungan seks pada masa ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium. Akan tetap ada kemungkinan untuk bisa hamil dari berhubungan seks saat haid sehingga Anda masih perlu berhati-hati.

Sperma yang telah masuk ke dalam tubuh juga bisa tetap hidup selama kurang lebih tujuh hari. Jika Anda memiliki siklus paling pendek yaitu 21 hari dan mengalami ovulasi setelah selesai haid, kemungkinan hamil lebih tinggi. Agar seks saat haid lebih nikmat dan Anda serta pasangan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, berikut tips-tipsnya.

Jika tampon bersarang terlalu lama di dalam tubuh, Anda berisiko mengalami berbagai masalah mulai dari keputihan abnormal hingga infeksi. Agar seks menjadi lebih nyaman, usahakan untuk melakukannya saat aliran darah haid mulai sedikit.

Anda bisa melakukannya pada hari-hari menuju akhir masa haid sehingga seks tak akan mengotori tempat tidur. Siapkan juga tisu di dekat Anda supaya mudah diambil kapan pun dibutuhkan untuk menyeka darah atau cairan sperma yang keluar.

Apakah Boleh Berhubungan Seks saat Menstruasi? Pahami Risikonya Bun

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Apakah Boleh Berhubungan Seks saat Menstruasi? Pahami Risikonya Bun

Bagi sebagian wanita, apakah boleh berhubungan seks saat menstruasi masih menjadi pertanyaan besar. Dilansir Everyday Health, berhubungan seks saat menstruasi disebut boleh saja dilakukan.

Penggunaan kondom menjadi penting karena dapat melindungi dari risiko infeksi seksual. Kendati demikian, tak semua pasutri merasa nyaman melakukan hubungan seks saat sedang menstruasi. Dikutip dari Very Well Health, diyakini bahwa berhubungan seks saat menstruasi alias period sex memiliki beberapa manfaat.

Meski dipercaya memiliki manfaat, pahami juga bahwa seks saat menstruasi tak luput dari risiko kesehatan. Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSPAD Gatot Subroto, dr Gunawan Dwi Prayitno, SpOG, KFER, berhubungan seks saat mens sebaiknya tidak dilakukan. dr Gunawan berpesan sebaiknya suami menunggu hingga istri 'bersih' dari menstruasi, baru kemudian dapat kembali melakukan hubungan seks.

Penyebab Bunda sulit capai orgasme saat berhubungan seks apa saja, ya?

Fakta Menarik Seputar Hubungan Intim Saat Haid

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Fakta Menarik Seputar Hubungan Intim Saat Haid

Jika tertinggal, tampon bisa terdorong begitu jauh ke dalam vagina. Apabila memang ingin berhubungan intim saat haid tanpa khawatir, kamu dianjurkan untuk menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom.

Tujuan penggunaan alat kontrasepsi adalah untuk mengurangi darah yang mungkin berceceran serta melindungi gesekan penis secara langsung yang mungkin saja membawa bakteri atau virus. Tidak berhenti di situ, kamu juga sebaiknya membersihkan diri dengan baik setelah berhubungan seks.

Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat tidur dari bekas-bekas darah, cairan, atau kotoran lainnya, ya! Apabila pasangan wanita sangat kesakitan dan tidak ingin bercinta saat haid, jangan dipaksakan. Lebih baik konsultasikan hal tersebut kepada dokter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tanya kepada dokter secara online lewat layanan Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

Hukum Berhubungan Intim saat Haid Menurut Islam

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Hukum Berhubungan Intim saat Haid Menurut Islam

Menurut ajaran Islam, saat istri sedang haid atau menstruasi, hubungan intim menjadi perbuatan yang diharamkan. Larangan tersebut telah tercantum dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 222, Allah SWT berfirman yang artinya:.

Setelah ayat ini turun, umat Islam diharamkan untuk berhubungan intim hingga haid telah bersih. Ulama juga sepakat hukum berhubungan intim saat istri haid merupakan haram yang menimbulkan dosa besar.

Karena ayat tersebut dengan jelas menyebutkan agar suami dan istri menjauhkan diri dari aktivitas hubungan intim dalam sementara waktu. Hal itu merujuk kepada sebuah hadist yang berbunyi, “Seorang laki-laki menjima' istrinya yang sedang haid, apabila itu dilakukan saat darah haid istrinya berwarna merah, dikenai denda 1 dinar, sedangkan jika dilakukan saat darahnya sudah berwarna kekuningan, dendanya 1/5 dinar.". Itulah informasi singkat mengenai hukum berhubungan intim suami-istri ketika sang istri sedang dalam masa haid.

Peluang Hamil ketika Berhubungan Intim saat Menstruasi

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Peluang Hamil ketika Berhubungan Intim saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Secara teknis, seorang wanita bisa hamil kapan saja selama siklus menstruasi mereka. Wanita memiliki kemungkinan besar untuk hamil di tengah siklus menstruasi mereka, dan periode ini yang sering disebut sebagai masa subur.

Wanita kemungkinan besar akan hamil di tengah siklus menstruasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur dalam proses yang disebut ovulasi. Selama periode tersebut, tubuh seseorang mengeluarkan darah, telur yang tidak dibuahi, dan jaringan dari lapisan rahim.

Meskipun kebanyakan orang berovulasi secara teratur dari saat mereka mulai menstruasi hingga menopause, ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama dalam seminggu setiap bulan, atau bahkan pada titik yang sama dalam siklus menstruasi setiap bulan. Mengukur suhu tubuh mereka saat istirahat setiap hari dan mencari sedikit peningkatan yang dapat mengindikasikan ovulasi.

Yang Boleh dan Tidak untuk Hubungan Suami Istri Selama Haid

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Yang Boleh dan Tidak untuk Hubungan Suami Istri Selama Haid

Kiai Aminudin Yaqub menuturkan, pendapat para ulama mengenai hubungan seksual saat istri sedang haid, ada persamaan maupun perbedaan. Baik bertemunya kedua alat vital suami istri, atau pun hanya bersentuhan saja sudah haram. Sementara jika hanya untuk bersenang-senang dengan istri selama pada bagian itu tidak disentuh, maka hukumnya diperbolehkan. Hal itu juga didasarkan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW dari Maimunah, Rasulullah SAW pada saat istri-istrinya sedang haid tetap menggaulinya, tetapi hanya pada bagian ‘di atas sarung’ atau di atas pusar.

Selanjutnya, menurut Imam Syafii mengungkapkan, bahwa boleh berhubungan suami istri selama tidak ada pertemuan kedua alat vital. Kiai Aminudin Yaqub menjelaskan, hal ini juga sesuai dalam firman Allah QS Al Baqarah ayat 222:. Apabila mereka telah suci, maka campurilah itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Jadi sebelum Islam hadir, ada tradisi-tradisi dimana wanita yang sedang haid harus dijauhi bahkan diasingkan.

Yang Perlu Diperhatikan Soal Hubungan Intim Saat Menstruasi

Apa Boleh Melakukan Hubungan Intim Saat Haid. Yang Perlu Diperhatikan Soal Hubungan Intim Saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim memang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi kedua belah pihak. Namun bagi sebagian besar pasangan, melakukan hubungan intim di saat pihak perempuan sedang menstruasi adalah hal yang menjijikan dan terkesan jorok.

Namun, sebagian pasangan suami istri lain juga menganggap bahwa berhubungan intim saat menstruasi memiliki kenikmatan tersendiri. Walau kecil kemungkinannya, tapi tetap ada kemungkinan kamu akan hamil ketika berhubungan intim tanpa pengaman atau kontrasepsi saat menstruasi. Hal ini terjadi karena sperma memiliki kemampuan untuk bertahan hidup selama 3 hingga 7 hari di dalam tubuh perempuan.

Nah, jika kamu masih tetap ingin melakukan hubungan intim saat menstruasi, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut:. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah.