Loading icon
Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual

Share:

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Selain itu, pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang juga bisa menularkan infeksi ini. Luka ini pada umumnya akan bertahan antara 1-2,5 bulan dengan tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi mudah ditularkan.

Sifilis harus segera ditangani, karena jika dibiarkan penyakit tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, impotensi dan bahkan terkena masalah pendengaran serta hilangnya nyawa seseorang. Namun, klamidia tetap harus diwaspadai karena penularannya bisa terjadi tanpa disadari oleh orang yang terinfeksi.

Berhubungan intim secara oral, vaginal, ataupun anal yang tidak aman merupakan faktor utama penyakit kelamin. Selain itu, berhubungan intim dengan lebih dari satu pasangan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual. Contohnya seperti tes darah untuk mengetahui terdapat virus HIV atau tidak, mengambil contoh urine karena sebagian PMS dapat diketahui dari urine, atau mengambil contoh cairan dari luka genital terbuka untuk mendiagnosis jenis infeksi.

Beberapa PMS terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga membuat pengidapnya tak menyadari adanya penyakit tersebut dalam tubuhnya. Bila kamu mengalami tanda atau gejala penyakit menular seksual di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc dan buat janji medis dengan dokter di rumah sakit yang terbaik menurut kamu.

Apa Itu Penyakit Menular Seksual (PMS)? Cari Tahu Jawabannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Apa Itu Penyakit Menular Seksual (PMS)? Cari Tahu Jawabannya

Selain itu, penularan juga dapat terjadi karena penggunaan jarum untuk bersama-sama atau melakukan transfusi darah dari penderita penyakit menular seksual. Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengar salah satu penyakit menular seksual, yaitu HIV/AIDS. Penyakit menular seksual yang perlu Anda ketahui terakhir dalam artikel ini, yaitu sifilis.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum yang menyebabkan munculnya luka pada alat kelamin atau mulut. Penderita penyakit ini akan mengalami luka dalam waktu yang cukup lama 1 hingga 2,5 bulan, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.

Akan tetapi, jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya seperti impotensi hingga kelumpuhan. Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health.

Pengertian Penyakit Menular Seksual, Kenali Jenis dan Gejalanya

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Pengertian Penyakit Menular Seksual, Kenali Jenis dan Gejalanya

Sifilis merupakan salah satu jenis infeksi penyakit menular seksual akibat kehadiran bakteri yang disebut Treponemapallidum. Sifilis membuat penderitanya mengalami nyeri di alat kelamin, lalu tumbuh bisul, kemudian diikuti dengan pembengkakan kelenjar getah bening serta demam. Jika tidak diobati dengan baik, maka sifilis bisa menyebabkan kegagalan organ dan kematian. Tingkat kesadaran penggunaan kondom yang rendah memicu penyakit gonore. Gonore membuat penderitanya mengalami rasa sakit saat buang air kecil, keluarnya cairan abnormal di alat kelamin, serta demam. Gonore yang tidak ditangani bisa memecah sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kematian.

Gonore memiliki gejala pada saluran kemih seperti nyeri saat berkemih, keluar cairan atau nanah dari tubuh, dan anyang-anyangan. HIV AIDS adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh jadi rentan terhadap semua jenis infeksi yang bisa berakhir dengan kematian. Namun, seiring dengan memburuknya infeksi, penderita HIV akan mengalami berbagai gejala karena penurunan sistem imunitasnya.

Hepatitis B adalah infeksi virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit Menular Seksual: Gejala, Obat, dll.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Penyakit Menular Seksual: Gejala, Obat, dll.

Penyakit atau infeksi menular seksual ini biasanya melibatkan mulut, anus, vagina, maupun penis. Terdapat berbagai jenis STD (sexually transmitted diseases) yang sering dialami akibat seks berisiko seperti chlamydia, sifilis, herpes genital, dan infeksi HIV. Selain itu, penyakit kelamin juga dapat menular melalui transfusi darah atau pemakaian jarum bersama.

Anda bisa saja tertular penyakit ini dari seseorang yang terlihat benar-benar sehat dan tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi. Jika wanita terkena penyakit kelamin dan hamil, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi janin.

Itu sebabnya, para pengidapnya mungkin tidak mengetahui kondisi tersebut sampai mereka mengalami komplikasi atau bahkan telah menularkannya pada pasangan. Dikutip dari Mayo Clinic, gejala yang mungkin menjadi tanda penyakit menular seksual adalah:.

Kelenjar getah bening sakit dan membengkak, khususnya di selangkangan tetapi kadang lebih menyebar.

Penyakit menular seksual

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Penyakit menular seksual

Berbagai jenis penyakit menular seksual memberikan beban morbiditas dan mortalitas khususnya di negara berkembang dengan sumber daya yang terbatas. Pengobatan yang tidak tuntas menyebabkan penyakit menjadi menahun (kronis) dengan akibat akhir rusaknya fungsi alat genitalia bagian dalam sehingga menimbulkan kurang subur atau mandul. Pada prakteknya banyak penyakit yang tidak menunjukkan gejala (asimtomatik), sehingga mempersulit pemberantasan dan pengendaliannta. Bakteri yang menjadi penyebab infeksi ialah Treponema pallidum Pada laki-laki dan perempuan, gejala yang ditimbulkan berupa ulkus durum disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening lokal, erupsi kulit, kandiloma lata, kerusakan tulang, kardiovaskular dan neurologis Pada perempuan yang dalam kondisi mengandung atau melahirkan terdapat gejala tambahan berupa abortus, bayi lahir mati, dan kelahiran prematur.

Sebaliknya, pada individu dengan kekebalan tubuh yang rendah, penyakit berkembang secara perlahan dimulai dari gejala ringan, sedang, berat, hingga kronis. Tingkatan kekebalan tubuh ini menentukan kondisi pasien yaitu mengalami kesembuhan, kecacatan, atau kematian. Selama sindrom inguinal terjadi gejala berupa malaise, sakit kepala, nyeli sendi, anoreksia nervosa, nausea, dan demam. Gejala yang timbul pada laki-laki maupun perempuan berupa lesi vesikular atau ulseratif d idaerah genitalia dan anus.

Pemilihan dan jumlah pasangan seks serta jenis hubungan seksual menjadi penentu tingkat risiko penularan HIV.

Mengenali Jenis Penyakit Menular Seksual dan Cara Pencegahannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual. Mengenali Jenis Penyakit Menular Seksual dan Cara Pencegahannya

Diakses pada Agustus 2020. Sexually transmitted infections (STIs). https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/sexually-transmitted-infections-(stis).

Diakses pada Agustus 2020. Everything You Need to Know About Sexually Transmitted Diseases (STDs). https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases#pictures.

Diakses pada Agustus 2020. Common Reproductive Health Concerns for Women.