Loading icon
Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi

Share:

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. Halodoc, Jakarta – Secara teknis, seorang wanita bisa hamil kapan saja selama siklus menstruasi mereka. Namun, akan sangat kecil kemungkinan bagi seorang wanita untuk hamil ketika mereka sedang menstruasi.

Wanita memiliki kemungkinan besar untuk hamil di tengah siklus menstruasi mereka, dan periode ini yang sering disebut sebagai masa subur. Wanita kemungkinan besar akan hamil di tengah siklus menstruasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur dalam proses yang disebut ovulasi. Namun, sebetulnya hal ini tidak sesederhana yang dibayangkan karena ada tiga faktor utama, yaitu:.

Selama periode tersebut, tubuh seseorang mengeluarkan darah, telur yang tidak dibuahi, dan jaringan dari lapisan rahim. Meskipun kebanyakan orang berovulasi secara teratur dari saat mereka mulai menstruasi hingga menopause, ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama dalam seminggu setiap bulan, atau bahkan pada titik yang sama dalam siklus menstruasi setiap bulan.

Mengukur suhu tubuh mereka saat istirahat setiap hari dan mencari sedikit peningkatan yang dapat mengindikasikan ovulasi.

Berhubungan Intim saat Menstruasi Apakah Bisa Hamil? Nggak Gitu Konsepnya

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. Berhubungan Intim saat Menstruasi Apakah Bisa Hamil? Nggak Gitu Konsepnya

Pertanyaan ini kerap dicari oleh sebagian pasangan yang mungkin pernah memikirkan strategi berhubungan intim saat menstruasi untuk mencegah kehamilan. Dikutip dari American Pregnancy, siklus menstruasi atau haid normal wanita adalah sekitar 28-30 hari.

Jadi, pembuahan masih bisa terjadi saat itu," demikian dikutip situs tersebut. Meski kemungkinannya kecil, namun jika berhubungan intim saat menstruasi tanpa menggunakan pengaman, seperti kondom dan IUD maka kehamilan masih mungkin terjadi.

Dr Andri Wanananda, MS dalam konsultasinya di detikHealth menuturkan hubungan seksual saat menstruasi sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini menunjukkan adanya pembuluh darah yang terbuka, sementara itu gerakan penis ketika penetrasi ke vagina bisa memicu masuknya gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka tersebut.

Bila gelembung ini menyumbat pembuluh darah sekitar jantung maka bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, jawaban terkait berhubungan intim saat menstruasi apakah bisa hamil?

Berhubungan Intim Saat Haid, Apakah Bisa Hamil?

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. Berhubungan Intim Saat Haid, Apakah Bisa Hamil?

Saat menstruasi, tidak sedikit wanita yang memiliki gairah seksual tinggi. Berikut alasan mengapa berhubungan intim saat menstruasi tetap bisa hamil. Mengutip dari American Pregnancy Association (APA), kemungkinan hamil bila berhubungan intim saat haid lebih tinggi kalau memiliki siklus menstruasi yang pendek. Artinya, masa subur atau ovulasi Anda terjadi lebih awal dari siklus.

Jadi, saat Anda berhubungan intim ketika menstruasi hari terakhir, kemungkinan itu adalah masa ovulasi.

Manfaat, Risiko, dan Tips Berhubungan Seks Saat Haid

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. Manfaat, Risiko, dan Tips Berhubungan Seks Saat Haid

Anda akan berpeluang sangat tinggi untuk hamil jika berhubungan seks pada masa ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium. Akan tetap ada kemungkinan untuk bisa hamil dari berhubungan seks saat haid sehingga Anda masih perlu berhati-hati.

Sperma yang telah masuk ke dalam tubuh juga bisa tetap hidup selama kurang lebih tujuh hari. Jika Anda memiliki siklus paling pendek yaitu 21 hari dan mengalami ovulasi setelah selesai haid, kemungkinan hamil lebih tinggi. Agar seks saat haid lebih nikmat dan Anda serta pasangan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, berikut tips-tipsnya.

Jika tampon bersarang terlalu lama di dalam tubuh, Anda berisiko mengalami berbagai masalah mulai dari keputihan abnormal hingga infeksi. Agar seks menjadi lebih nyaman, usahakan untuk melakukannya saat aliran darah haid mulai sedikit. Anda bisa melakukannya pada hari-hari menuju akhir masa haid sehingga seks tak akan mengotori tempat tidur.

Selain itu, Anda juga tak akan merasa waswas perihal darah haid yang mungkin berantakan. Siapkan juga tisu di dekat Anda supaya mudah diambil kapan pun dibutuhkan untuk menyeka darah atau cairan sperma yang keluar.

4 Bahaya Berhubungan Seks saat Haid Menurut Ahli

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. 4 Bahaya Berhubungan Seks saat Haid Menurut Ahli

Dokter spesialis kandungan, Ni Komang Yeni Dhana Sari tidak menganjurkan dilakukannya hubungan seks saat menstruasi. Risiko terjadinya infeksi juga didorong oleh tingkat keasaman vagina yang meningkat saat menstruasi.

Tak hanya itu, hubungan seks juga akan membuat perempuan tidak nyaman jika dilakukan saat datang bulan. Seorang perempuan yang mengalami infeksi Human papillomavirus (HPV) pada rahim, ujar Yeni, bisa menularkannya ke laki-laki. Edwin menjelaskan, akibat penetrasi, darah haid yang seharusnya keluar bisa jadi masuk kembali dan menempel di sekitar dinding rahim.

3 Risiko Berhubungan Saat Haid yang Perlu Diperhatikan

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Hubungan Intim Saat Menstruasi. 3 Risiko Berhubungan Saat Haid yang Perlu Diperhatikan

Pelumas vagina, baik alami maupun buatan, berisiko menjadi cair sehingga menyulitkan penetrasi saat berhubungan intim. Endometriosis adalah suatu kondisi saat jaringan yang mirip dengan lapisan rahim mulai tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan tuba falopi.

Hubungan seksual yang dilakukan saat menstruasi mungkin menjadi salah satu risiko terjadinya kondisi ini. Endometriosis dapat memengaruhi kualitas hidup Anda, bahkan bisa menyebabkan kemandulan jika tidak segera diatasi. Namun, jangan khawatir, terdapat perawatan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi kondisi ini.

Penurunan libido mungkin terjadi karena pria cenderung tidak nyaman dengan darah menstruasi dan baunya. Selain itu, efek buruk atau risiko berhubungan seksual saat haid lainnya mungkin termasuk ranjang yang berantakan akibat darah menstruasi.

Perlu diingat bahwa melakukan hubungan intim saat menstruasi tidak menurunkan risiko kehamilan. Oleh karena itu, tetap gunakan alat kontrasepsi jika tak ingin menghadapi risiko kehamilan yang tidak direncanakan.

Melakukan hubungan seksual saat haid memang sah-sah saja, tetapi Anda perlu mendiskusikan manfaat dan risikonya pasangan.