Loading icon
Jarak Kehamilan Setelah Berhubungan

Jarak Kehamilan Setelah Berhubungan

Share:

Jarak terjadinya kehamilan setelah berhubungan intim terhitung sejak zigot (hasil dari pembuahan sel telur dan sperma) menempel di dinding rahim (endometrium). Tubuh memerlukan waktu 7-12 hari untuk memproduksi hormon kehamilan alias Human chorionic gonadotropin (hCG) setelah implantasi berhasil. Apabila Anda ingin mengetes kehamilan dengan test pack, sebaiknya tunggu seminggu setelah terlambat haid agar hasilnya akurat. Bila tidak ingin menunggu hingga menstruasi terlambat, Anda baru bisa mengeceknya dalam 1-2 minggu setelah berhubungan seks. Namun, pengecualian apabila Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil, metode ini tentu menjadi tidak begitu efektif. Biarpun begitu, kemungkinan pembuahan paling tinggi adalah saat sel telur dilepaskan dan Anda melakukan hubungan seks sehari sebelumnya.

Sejumlah pakar kesuburan menyarankan berhubungan seks setidaknya dua sampai tiga kali seminggu sepanjang bulan untuk meningkatkan kemungkinannya. Chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui informasi tentang berapa hari harus menunggu cek kehamilan setelah berhubungan agar lebih yakin.

Berapa Lama Jarak Kehamilan setelah Berhubungan Seks?

Berapa Lama Jarak Kehamilan setelah Berhubungan Seks?

Ketahui bagaimana prosesnya dari kamu melakukan hubungan seks hingga memasuki kehamilan. Sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang perempuan untuk bisa hamil setelah melakukan hubungan seksual?

Apakah bisa diketahui seperti apa prosesnya? Ini tentu ada penjelasannya jarak kehamilan setelah berhubungan secara medis, berikut Popmama.comuraikan prosesnya. Unsplash/Pete Bellis Kehamilan tidak dimulai pada hari ketika pasangan melakukan hubungan seks, prosesnya dapat membutuhkan waktu hingga enam hari setelah hubungan seksual untuk sperma dan sel telur bertemu dan membentuk sel embrio yang berhasil dibuahi.

Kemudian, bisa memakan waktu enam hingga 10 hari untuk telur yang telah dibuahi hingga sepenuhnya menanamkan dirinya sendiri di dinding rahim. Perempuan dapat membeli alat tes kehamilan di toko obat atau pergi ke pusat kesehatan untuk melakukan tes kehamilan.

Tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin hormone (HCG). HCG adalah hormon yang mendukung kehamilan dan mulai dilepaskan ketika sel telur yang dibuahi menanamkan dirinya sendiri ke dinding rahim dan saat itulah kehamilan dimulai.

Prediksi Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Berapa Lama?

Prediksi Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Berapa Lama?

Bagaimana, sih, caranya prediksi kehamilan setelah berhubungan intim dan butuh waktu berapa lama hingga mengetahui akhirnya hamil? Secara umum, pembuahan mungkin terjadi paling cepat tiga menit setelah berhubungan seksual dan setidaknya lima hari setelahnya.

Sebuah studi menemukan bahwa butuh waktu 2 – 10 menit untuk melakukan perjalanan sperma dari leher rahim sampai ke saluran telur. Sperma tak sepenuhnya mengikuti hukum gravitasi, karena akan berenang naik melalui rahim seperti apapun posisi tubuh Bunda.

Nah, setelah pembuahan itu, embrio perlu melalui sejumlah perkembangan sebelum dapat menanamkan dirinya ke dalam lapisan rahim. Morning sickness, yang dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari, seringkali dimulai satu bulan setelah BUnda hamil.

Semoga dengan mengetahui berapa waktu prediksi kehamilan setelah berhubungan intim ini bisa bermanfaat, ya, Parents.

Kapan Gejala Hamil Bisa Mulai Muncul Setelah Berhubungan Intim?

Kapan Gejala Hamil Bisa Mulai Muncul Setelah Berhubungan Intim?

Kapan gejala hamil bisa terjadi setelah berhubungan intim? Gejala hamil bisa terjadi segera atau membutuhkan waktu beberapa hari, ini tergantung dari tiap individu. Ya, tiap individu mungkin akan mengalami hal ini pada waktu yang berbeda-beda.

Tak jarang, beberapa wanita juga ada yang tidak merasakan gejala apapun, sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Beberapa gejala kehamilan yang umum terjadi setelah berhubungan intim adalah morning sickness, kelelahan, perubahan suasana hati, muntah, mual, payudara terasa penuh dan lebih sensitif, dan tentunya telat menstruasi.

Sekitar dua minggu sejak Anda telat menstruasi atau enam minggu sejak Anda mengalami menstruasi terakhir. Belum tentu ini adalah gejala hamil.

Walaupun Anda sudah mengalami mual, muntah, pusing, kram perut, atau gejala mirip kehamilan lainnya yang terjadi setelah Anda berhubungan intim. Tapi, ini tidak selalu berarti Anda benar-benar hamil.

Jarak kehamilan setelah berhubungan berapa lama? Ini penjelasan dokter

Jarak kehamilan setelah berhubungan berapa lama? Ini penjelasan dokter

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait proses dan jarak kehamilan setelah berhubungan intim. Menurut dr. Jeannyfer Halim Jungestian, kehamilan dimulai dari konsepsi yakni pertemuan antara sperma dan ovum (sel telur).

Konsepsi terjadi ketika wanita sedang berada pada masa subur, di mana sel telur dikeluarkan oleh ovarium dan menunggu dibuahi. Sebuah studi menemukan bahwa butuh waktu 2 – 10 menit untuk melakukan perjalanan sperma dari leher rahim sampai ke saluran telur.

Namun kurang dari 100 ribu sperma yang berhasil masuk ke dalam leher rahim dan menuju sel telur. Jumlah sel ini akan terus berlipat ganda setiap dua belas jam hingga ia tiba di rahim. Beberapa hari kemudian, zigot telah memiliki 500 sel yang dikelilingi oleh lapisan berongga dan berisi cairan, tiba di rahim.

Biasanya, saat proses ini wanita akan menemukan flek atau mengalami perdarahan ringan selama kira-kira 1-2 hari. Bila Anda mengalami beberapa gejala di atas, segera lakukan test pack atau memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan Anda tentang jarak kehamilan setelah berhubungan suami-istri dengan pasangan.

Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan Buat yang Mau Jaga Jarak Kehamilan

Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan Buat yang Mau Jaga Jarak Kehamilan

Tapi sebenarnya ada banyak alasan sih yang membuat pasangan suami istri menunda dulu untuk memiliki momongan. Kalau temen Mama ada nih yang belum siap punya anak karena sedang menjalankan. long distance marriage.

bersama suaminya. Kalau jauh dengan pasangan kan rasanya agak sulit juga ya kalau membesarkan anak seorang diri.

12 Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan Intim

12 Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan Intim

Sekitar 5 sampai 6 hari setelah ovulasi, sel telur yang dibuahi akan masuk ke dalam lapisan rahim atau disebut proses implantasi. Selain itu, tubuh biasanya berubah menjadi lemas dan gampang lelah karena banyak energi terbuang saat mengandung. Untuk mengatasi keluhan ini, Bunda sebaiknya beristirahat yang cukup, konsumsi makanan mengandung vitamin B, dan hindari melakukan aktivitas berat di awal kehamilan. Namun bila berlanjut sampai trimester kedua dan ketiga, Bunda sebaiknya konsultasi ke dokter agar terhindar dari depresi.

Jurnal yang diterbitkan di Autonomic Neuroscience tahun 2017 menyatakan bahwa diperkirakan 70 hingga 80 persen Bunda hamil mengalami morning sickness. Morning sickness karena peningkatan kadar hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) yang puncaknya memang berlangsung di pagi hari.

Pusing di awal kehamilan dapat terjadi karena peningkatan aliran darah ketika Bunda berubah posisi, misalnya dari tidur ke duduk. Bila sering merasa ingin pingsan, coba periksa ke dokter untuk memastikan apakah Anda mengalami anemia atau tidak," kata dr. Suririnah dalam Buku Pintar Kehamilan & Persalinan.

Untuk mengatasinya, coba makan dalam porsi sedikit tapi sering serta minum obat penghilang sakit kepala yang diresepkan dokter. Kondisi ini bisa menjadi petunjuk bahwa ovulasi akan terjadi selama beberapa hari ke depan," kata dokter obgyn, Allison Hill, MD, dikutip dari Very Well Family.

Hamil Setelah Melahirkan? Ini Jarak Idealnya • Hello Sehat

Hamil Setelah Melahirkan? Ini Jarak Idealnya • Hello Sehat

Biasanya seorang ibu akan melalui siklus postpartum pertama yang berlangsung 4-24 minggu setelah bayi lahir. Namun, apakah setelah melewati siklus itu bisa hamil langsung?

Yuk, ketahui penjelasannya di bawah ini. Pasangan suami istri yang kembali merencanakan kehamilan, seorang ibu perlu mengetahui kapan rahimnya sudah berovulasi. Untuk mencapai masa ovulasi, rahim membutuhkan waktu selama enam minggu setelah melahirkan.

Namun, setiap perempuan memiliki waktu yang berbeda untuk berovulasi. Agak sulit memang mengetahui waktu yang tepat apakah seorang ibu sudah berovulasi. Menstruasi pertama yang datang pascamelahirkan, menjadi tanda seorang ibu sudah bisa berovulasi dan bisa kembali hamil. Proses pembuahan sel telur, didukung melalui hubungan intim pasangan suami istri.

Dokter kandungan biasanya menyarankan pasangan suami istri dapat berhubungan intim setelah minggu keempat hingga minggu keenam setelah melahirkan normal.