Loading icon
Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan

Share:

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan. Selain cairan tubuh, PMS juga dapat menular melalui jarum suntik yang digunakan beberapa kali atau secara bergantian kepada orang lain. Perubahan rasa ketika kencing dapat terjadi karena adanya infeksi pada saluran kemih atau batu ginjal.

Penyakit menular seksual memiliki banyak jenis sehingga gejala yang ditimbulkannya pun terkadang berbeda antara satu dan lainnya. Gonore merupakan penyakit menular seksual (PMS) atau yang dikenal dengan kencing nanah disebabkan oleh bakteri jenis Neisseria Gonorrhoeae.

Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health.

Penyakit Menular Seksual PMS - Gejala dan Pengobatan

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan. Penyakit Menular Seksual PMS - Gejala dan Pengobatan

Selain itu, pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang juga bisa menularkan infeksi ini. Luka ini pada umumnya akan bertahan antara 1-2,5 bulan dengan tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi mudah ditularkan. Sifilis harus segera ditangani, karena jika dibiarkan penyakit tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, impotensi dan bahkan terkena masalah pendengaran serta hilangnya nyawa seseorang. Selain itu, berhubungan intim dengan lebih dari satu pasangan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual. Beberapa PMS terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga membuat pengidapnya tak menyadari adanya penyakit tersebut dalam tubuhnya. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc dan buat janji medis dengan dokter di rumah sakit yang terbaik menurut kamu.

Jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) – YKPPEDIA

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan. Jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) – YKPPEDIA

Sedangkan, komplikasi gonore pada wanita bisa terjadi penjalaran infeksi ke rahim dan saluran telur, sehingga dapat menyebabkan kemandulan pula. Ditandai dengan adanya benjolan kecil merah biasanya 1 buah, kemudian menjadi luka atau koreng yang tidak disertai rasa nyeri. Kondisi ini dapat mengakibatkan abortus, kematian janin atau lahir dengan kerusakan kulit, hati, limpa, dan keterbelakangan mental. Dalam waktu antara 1-4 minggu setelah luka tersebut sembuh, akan muncul pembengkakan kelenjar lipat paha yang disertai rasa nyeri, keras, berbentuk seperti sosis.

Sering tanpa gejala, jika ada biasanya berupa duh tubuh vagina (keputihan) yang banyak dan berbau, warna kuning hijau, kadang-kadang berbusa. Kandidosis vaginalis adalah infeksi pada vagina yang disebabkan oleh jamur Candida (paling sering spesies albican), apatogen tetapi dapat menjadi patogen. Infeksi ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau muncul karena kondisi tertentu, seperti stres, kelelahan, IUD yang lama pada pasangan usia subur. Masa tunas sukar diketahui oleh karena penyakit ini mempunyai faktor pemicu, seperti kehamilan, diabetes, iritasi setempat, pemakaian obat-obatan (golongan imunosupresif, antibiotika, kontrasepsi hormonal).

6 Tanda Fisik Jika Mengidap Penyakit Seksual

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan. 6 Tanda Fisik Jika Mengidap Penyakit Seksual

Biasanya gejala ini lebih sering terjadi pada pria, yaitu Mr P mengeluarkan zat atau cairan asing yang tidak normal. Ketiga jenis infeksi tersebut sebenarnya bisa ditangani dengan mengonsumsi antibiotik, namun kamu tetap disarankan untuk pergi ke dokter bila gejala tidak kunjung membaik.

Pada pengidap pria, rasa sakit saat buang air kecil juga disertai dengan keluarnya nanah kental berwarna kuning hijau dari mulut saluran kencing. Bila kondisi ini terjadi, maka ada tiga jenis penyakit seksual yang dicurigai menjadi penyebabnya, yaitu klamidia, gonore, dan trichomoniasis. Gejala yang satu ini juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, salah satunya penyakit menular seksual. Namun, bila Miss V mengeluarkan keputihan dalam jumlah yang banyak, berbau amis dan berwarna putih kehijauan, bisa jadi itu disebabkan oleh trikomoniasis. Satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui apakah kamu tertular infeksi kelamin adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium di rumah sakit atau klinik kesehatan.

Chlamydia - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Gejalanya Keputihan. Chlamydia - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Selain itu, mainan seks yang tidak dicuci bersih atau dilapisi kondom baru juga bisa menjadi media penularan chlamydia. Cairan seksual yang keluar dari alat kelamin pengidapnya bisa menularkan bakteri ini walaupun tanpa orgasme, ejakulasi, atau penetrasi. Gejala chlamydia pada wanita dan pria bisa berbeda, tetapi sakit atau nyeri saat buang air kecil menjadi karakteristik umum. Contohnya seperti terjadi pendarahan saat atau usai melakukan hubungan seks dan mengeluarkan cairan vagina yang tidak biasa. Selama perawatan, pengidap juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas seksual apa pun guna mencegah infeksi ulang dan penularan chlamydia kepada pasangan. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa meningkatkan risiko kehamilan ektopik atau pertumbuhan janin di luar rahim dan keguguran.